("http://gambarkursorkamu.gif") http://imageshack.us/photo/my-images/846/bxbxb.jpg/

Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Metode AKuntansi

Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan manajemen ketika membuat pilihan metode akuntansi (tidak mutually exclusive), yaitu:
a.       Kepatuhan dengan mandat peraturan
Ketika dihadapkan dengan mandat peraturan, kepatuhan bukan merupakan pilihan satu-satunya yang tersedia bagi perusahaan. Misalnya, perusahaan dapat memilih untuk menerima opini audit yang memenuhi syarat yang berkaitan dengan ketidakpatuhan terhadap standar FASB. Untuk perusahaan milik pribadi dan perusahaan-perusahaan swasta, mandat oleh badan pengawas, seperti FASB atau SEC tidak berlaku.
b.      Konsistensi dengan model akuntansi
Segmen utama dari pendapat literatur akuntansi bahwa pilihan metode alternatif harus didasarkan pada model akuntansi yang sudah diterapkan sebelumnya seperti pencocokan biaya dengan pendapatan, konservatisme, dan objektivitas.
c.       Presentasi realitas ekonomi atau kebenaran
Istilah-istilah seperti "realitas ekonomi" dan "kebenaran" sering digunakan oleh manajemen ketika menjelaskan perubahan akuntansi dan membenarkan akuntansi yang mereka terapkan atau mengkritik metode akuntansi yang diamanatkan.
d.      Perbandingan dengan perusahaan lain dalam industri yang sama
Keinginan untuk mencapai perbandingan dengan perusahaan lain di industri ini sering disebut sebagai faktor penting dalam pilihan metode akuntansi. Sebagai contoh:
·   Perubahan dilakukan agar sesuai dengan metode penyusutan yang digunakan oleh perusahaan lain dalam industri (produksi gula dan real estate). (Alexander dan Baldwin)
·         Untuk mencapai perbandingan yang lebih besar dengan praktek akuntansi perusahaan lain dalam industri, perusahaan mengubah metode akuntansi atas biaya keuangan yang menimbulkan piutang agen yang ditransfer dengan cara lain untuk pembiayaan perusahaan. (Hesston Corporation)
e.       Konsekuensi ekonomi untuk perusahaan
Terdapat lima cara dalam pemilihan metode akuntansi yang dapat mempengaruhi nilai pasar ekuitas perusahaan atau efek hutang, yaitu:
·         Pengaruh beban perpajakan
·         Pengumpulan data dan pengaruh biaya operasi
·         Pengaruh biaya pembiayaan
·         Politik dan pengaruh biaya regulasi
·         Klaim atas redistribusi kekayaan
f.       Konsekuensi ekonomi terhadap manajemen
Kekayaan manajemen dapat dipengaruhi oleh pilihan metode akuntansi. Banyak paket kompensasi eksekutif seperti skema bonus atau rencana opsi saham yang secara eksplisit berbasis pada komponen kunci dalam laporan keuangan. Misalnya, skema bonus didasarkan pada persentase laba yang dilaporkan perusahaan. Dalam konteks ini, manajemen memiliki potensi untuk mempengaruhi kompensasi mereka dengan memilih metode akuntansi yang dirasakan untuk meningkatkan nilai sekarang dari paket kompensasi mereka. Manajemen juga mungkin menganggap bahwa pilihan metode akuntansi dapat mempengaruhi kemungkinan pengambil-alihan, atau biaya pengambil-alihan.
g.      Ikhtisar komentar
·         Terdapat enam faktor baru yang tidak mutually exclusive.
·         Bukti tentang keberadaan atau relatif pentingnya enam faktor tersebut berasal dari berbagai sumber.

·         Beberapa faktor penting yang dikutip berasumsi bahwa pihak lain tidak otomatis membuat penyesuaian untuk menetralisir pengaruh dari setiap perubahan akuntansi. 

Artikel Terkait Akuntansi

☆☆☆ Terimakasih Semoga Bermanfaat ☆☆☆
Judul: Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Metode AKuntansi
Rating: 100% based on Perfect ratings. 168 user reviews.
Ditulis Oleh: Wisnu Jibonk

0 Response to "Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Metode AKuntansi"

Posting Komentar