("http://gambarkursorkamu.gif") http://imageshack.us/photo/my-images/846/bxbxb.jpg/

6 Tips Siasati Demam Panggung

VIVA.CO.ID Tidak semua orang pandai berbicara di depan umum. Akan tetapi bukan berarti orang yang lihai berbicara di depan umum disebut berbakat. Kemampuan berbicara di depan umum sebetulnya bisa dilatih. Penyebab seseorang tidak berani berbicara di depan umum adalah grogi, minder, atau kurang percaya diri.
Rasa malu dan takut berbicara di depan umum juga biasa disebut demam panggung. Meskipun konteksnya tidak hanya saat berbicara di atas panggung saja. Menghindari naik podium dan berbicara dengan khalayak bukan menjadi solusi. Yang perlu Anda lakukan adalah melatih diri agar bisa mengendalikan rasa takut ketika berbicara di depan umum.
Jika Anda merasa sebagai tipe orang yang seperti itu, simak 6 tips siasati demam panggung yang bisa Anda lakukan:

1. Berdoa

Doa merupakan salah satu bentuk meminta pertolongan agar dimudahkan saat berpidato kepada sang Pemilik Hidup. Berdoalah sebelum berbicara di depan umum agar tidak grogi dan nervous.

2. Tanamkan rasa percaya diri

Yakinkan diri sendiri bahwa Anda pasti bisa melakukannya. Berbicara di depan umum merupakan hal yang mudah. Tanamkan pada diri Anda rasa percaya diri yang tinggi agar berani berbicara di depan panggung. Dengan keberanian dan percaya diri, kita bisa mengalahkan rasa
takut yang menghantui pikiran. Buang jauh-jauh rasa minder.

3. Persiapkan materi pidato

Berbicara di depan umum sebenarnya sama saja seperti berbicara dengan teman. Hanya saja ini dilakukan lebih formal di depan orang yang lebih dari satu. Kuasailah materi yang akan Anda sampaikan sehingga tidak akan terjadi demam panggung.

4. Latihan berbicara di depan cermin

Latihan berbicara dengan materi yang sudah dipersiapkan ini penting. Buat suasana layaknya Anda sedang berdiri di depan orang lain sebagai audience dengan menggunakan cermin. Berdirilah di depan cermin besar dan mulailah berpidato. Anggap saja bayangan Anda yang ada dalam cermin sebagai audience kita.

5. Anggaplah Anda lebih tahu daripada Audience

Cara ini merupakan salah satu langkah untuk menghindari pikiran-pikiran yang mengganggu sehingga membuat was-was. Saat berbicara di depan umum, Anda lah penguasanya. Anda yang lebih tahu daripada orang-orang yang ada di depan. Dengan berpikir bahwa kita lebih tahu daripada audience bisa membuat kita semakin nyaman berbicara.

6. Lakukan praktek

Meskipun sebelumnya Anda telah melakukan beberapa tips sebelum tampil agar tidak demam panggung tapi pada saat acara berlangsung biasanya rasa takut akan muncul saat menunggu giliran berbicara. Untuk mengatasi hal itu minumlah air putih secukupnya sebelum naik mimbar dan tarik nafas dalam-dalam. Jika saat berada di atas panggung atau di depan umum badan terasa bergetar maka peganglah sesuatu. Peganglah benda yang tidak bergerak seperti meja podium atau stand mic untuk menyamarkan getaran.
Demikian beberapa tips jitu atasi demam panggung yang bisa Anda lakukan saat akan presentasi atau sidang skripsi. Smoga bermanfaat.
“Dengan kemauan dan percaya diri yang kuat, ketakutan yang mendalam maka grogi yang mengerikan bisa disingkirkan”, Andri Wongso

Artikel Terkait Motivasi ,Tips

☆☆☆ Terimakasih Semoga Bermanfaat ☆☆☆
Judul: 6 Tips Siasati Demam Panggung
Rating: 100% based on Perfect ratings. 168 user reviews.
Ditulis Oleh: Wisnu Jibonk

0 Response to "6 Tips Siasati Demam Panggung"

Posting Komentar