("http://gambarkursorkamu.gif") http://imageshack.us/photo/my-images/846/bxbxb.jpg/

Penjelasan Auditing

Pengertian Auditing

Adalah suatu pemeriksaaan yang dilakukan secara kritis dan sistematis oleh pihak yang independen terhadap laporan keuangan yang telah disusun oleh manajemen beserta catatan-catatan pembukuan dan bukti-bukti pendukungnya dengan tujuan memberikan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan tersebut. Perbedaan antara audit dengan akuntansi adalah alur atau jalan pelaksanaannya, dimana pada auditing proses dan alurnya dimulai dari pemeriksaan laporan keuangan sampai dengan pemeriksaan bukti transaksi dan pada akuntansi prosesnya adalah pencatatan transaksi dan pembuatan jurnal sampai menghasilkan suatu laporan keuangan.
Jenis Audit
Dilihat dari luasnya pemeriksaan dapat dibagi menjadi :
A)    General Audit pemeriksaan yang bertujuan untuk memberikan pendapat mengenai kewajaran suatu laporan keuangan secara keseluruhan yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik dan meliputi : Kepatuhan terhadap Standar akuntansi yang berterima umum (SAK); Laporan keuangan disajikan secara konsisten; tidak ada salah saji material.
B)     Special Audit pada jenis ini auditor tidak perlu memberikan pendapat atas kewajaran laporan keuangan secara keseluruhan tujuan dari audit ini adalah untuk menilai kebenaran nilai yang disajikan dalam laporan keuangan dan lebih mengarah kepada penilaian terhadap kemungkinan adanya penyelewengan(manipulasi).
Kedua  jenis audit diatas juga dikenal dengan istilah financial audit atau audit keuangan.

Ditinjau dari jenis pemeriksaan dapat dibagi menjadi tiga yaitu :

·        Management Audit, atau operational audit adalah suatu pemeriksaan terhadap kegiatan operasi perusahaan (efektifitas dan efisiensi) pada pelaksanaannya dan meliputi aspek manajemen dalam melaksanakan perusahaan meliputi perencanaan, pelaksanaan kegiatan operasional dan pelaporan juga pengawasannya.
·        Compliance Audit  atau audit ketaatan adalah pemeriksaan audit terhadap pengimplementasian atau pelaksanaan suatu aturan sebagai tolak ukur. Tujuannya adalah apakah pihak yang diaudit telah mengikuti aturan dan standar yang telah diterapkan oleh pihak yang lebih tinggi.
·        Internal Audit atau audit internal adalah pemeriksaan dengan tujuan mengevaluasi keadaan perusahaan dengan melihat tujuan perusahaan, control perusahaan dan ancaman terhadap perusahaan atau aktivitas independen, objektif dan konsultasi yang dirancang untuk menambah nilai dan meningkatkan operasi organisasi. Kegiatan internal audit dilakukan oleh internal auditor perusahaan.
·        Computer Audit yaitu berupa pemeriksaan oleh Kantor Akuntan Punblik yang memproses data akuntansi dalam kegiatan audit dengan EDP (Electronic Data Processing).

Sumber: Auditing


Artikel Terkait Akuntansi

☆☆☆ Terimakasih Semoga Bermanfaat ☆☆☆
Judul: Penjelasan Auditing
Rating: 100% based on Perfect ratings. 168 user reviews.
Ditulis Oleh: Wisnu Jibonk

1 Response to "Penjelasan Auditing"

  1. Anonim Says:
    Rabu, Mei 22, 2013

    great issues altogether, you simply received a logo new reader.
    What would you suggest about your publish that you made some days ago?
    Any certain?

    Also visit my webpage :: http://www.journalhome.com

Poskan Komentar