Terjemahan INTRODUCTION TO ACCOUNTING THEORY



BAB I
PERKENALAN TENTANG TEORI AKUNTANSI

Teori Akuntansi dan Pembuatan Kebijakan
Hubungan antara teori akuntansi dan proses penetapan standar, harus dipahami dalam konteks yang lebih luas, dimana kondisi ekonomi berdampak pada dua faktor yaitu politik dan teori akuntansi. Pada dasarnya faktor politik, juga memiliki efek terhadap teori akuntansi. Sebagai contoh, pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) Nomor 96 tentang alokasi pajak penghasilan muncul pada tahun 1987. Sedangkan, teori akuntansi dikembangkan dan disempurnakan oleh proses penelitian akuntansi. Terutama dimana banyak orang membuat kebijakan tentang organisasi, kantor akuntan publik, dan industri swasta juga memainkan peranan penting dalam proses teori akuntansi dan pembuatan kebijakan.

Peran Pengukuran Akuntansi
Pengukuran didefinisikan sebagai penetapan angka untuk atribut atau properti dari objek yang diukur, dimana persis sama dengan apa yang akuntan lakukan. Adapun obyek itu sendiri memiliki ukuran atribut dan properti. Sebagai contoh, asumsikan sebuah perusahaan manufaktur memiliki mesin bubut. Mesin bubut memiliki sifat seperti ukuran panjang, lebar, tinggi, dan bobotnya masing-masing. Atribut atau properti merupakan karakteristik khusus dari obyek yang akan kita ukur, pengukuran ini harus jelas bahwa kita tidak mengukur obyek itu sendiri melainkan sesuatu yang bisa saja disebut bagaimana menentukan jumlah nominal yang berhubungan dengan obyek pengukuran akuntansi.

Pengukuran Langsung dan Tidak Langsung
Apabila nomor yang ditugaskan untuk sebuah obyek yang sebenarnya adalah sebuah pengukuran dari properti, maka disebut dengan pengukuran langsung. Namun, ini tidak berarti bahwa itu akurat. Pengukuran tidak langsung atribut yang diinginkan adalah salah satu yang dibuat berdasarkan perkiraan. Meskipun sebuah pengukuran tidak langsung dari atribut yang diinginkan adalah salah satu yang harus dilakukan dengan cara melakukan rotasi. Sebagai contoh, asumsikan bahwa kita ingin mengukur biaya penggantian persediaan akhir untuk menjadi konsentrasi retail.
Penilaian dan Prediksi Tindakan
Langkah-langkah penilaian prihatin dengan atribut tertentu benda. Mereka bisa menjadi baik secara langsung maupun tidak langsung. Prediksi tindakan, di sisi lain, prihatin dengan faktor-faktor yang mungkin menunjukkan kondisi di masa depan. Misalnya, pendapatan dari periode pada saat ini dapat digunakan sebagai prediksi deviden untuk periode berikutnya. Dengan cara yang sama, pendapatan pada dasarnya adalah ukuran penilaian karena menunjukkan seberapa baik perusahaan melakukannya selama periode tersebut.

Proses Pengukuran
Sebuah pengukuran sederhana dari jenis ini, seperti jumlah uang tunai, tergantung pada beberapa faktor seperti berikut:
1.      Obyek itu sendiri
2.      Atribut yang diukur
3.      Pengukur itu sendiri
4.      Menghitung atau pencacahan operasi
5.      Persediaan untuk tugas pengukuran instrumen
6.      Kendala yang mempengaruhi pengukuran itu sendiri

Jenis Pengukuran
Hubungan antara sistem pengukuran itu sendiri dan atribut dari objek yang diukur menentukan jenis pengukuran. Tipe yang paling sederhana dalam mengukur sistem adalah skala nominal. Sebuah skala nominal tidak lebih dari sebuah sistem klasifikasi dasar dari sistem nama. Angka ditugaskan di Rangking ordinal mengindikasikan urutan preferensi. Dalam skala interval, tidak seperti rangking ordinal, perubahan atribut diukur antara nomor yang ditetapkan harus sama. Dalam skala rasio, titik nol harus memiliki kualitas yang unik. Misalnya, dalam skala fahrenheit.

Kualitas Pengukuran
Ini adalah persis seperti Ijiri dan objektivitas Jaedicke pandangan. Objektivitas ini kemudian didefinisikan sebagai:
Dimana:
n          = Jumlah pengukur dalam kelompok
xi         = Pengukuran dari pengukur
         = Rata-rata dari semua xi untuk semua pengukur yang terlibat

Proses Pendekatan Penilaian Untuk Akuntansi Perusahaan Kecil
Sejarah Biaya
Biaya historis adalah di mana sistem penilaiannya keduanya lebih obyektif ditentukan dan lebih baik dipahami daripada bersaing sistem penilaian. Bahkan dalam contoh sederhana, baik depresiasi angka tahun, garis lurus, presentase, saldo menurun akan membuat neraca yang berbeda. Oleh karena itu, anggapan bahwa akan ada konflik antara kelompok-kelompok yang bersaing atas distribusi pendapatan. Seperti depresiasi, metode yang dipilih untuk pengukuran pendapatan dapat dengan mudah diperdebatkan.

Harga Umum Tingkat Penyesuaian
Meskipun kehilangan daya beli, ini benar-benar berbeda dari biaya lian-lain dan kerugian lain-lain, yang ditunjukan dari pengurangan aset perusahaan yang bersifat produktif atau tidak produktif. Kerugian daya beli tidak mengakibatkan penurunan aktiva moneter sendiri, melainkan penurunan daya beli, ketika harga umum mengalami kenaikan.

Nilai Sistem
Nilai pada saat ini, sebagai istilah menyiratkan, mengacu pada upaya untuk menetapkan nomor laporan keuangan komponen yang sesuai dengan beberapa atribut yang ada pada elemen yang diukur. Ada sebuah sistem penilaian yang masuk dalam kategori nilai sekarang: nilai keluar (sangat mirip dengan nilai realisasi bersih) dan biaya pengganti (juga disebut nilai entri). Sebagaimana akan kita lihat, tujuan yang sama sekali berbeda dengan kenyataan yang mendasar pada setiap sistem.

Penilaian Keluar
Metode ini sering dirujuk sebagai proses likuidasi, di mana kewajiban akan sama nilainya dengan jumlah yang dibutuhkan untuk melunasi pada tanggal laporan. Dengan pendekatan ini neraca menjadi pernyataan besar likuiditas bersihnya yang tersedia bagi adaptasi perusahaan, atau kemampuan untuk mengalihkan sumber daya yang ada pada saat ini menjadi peluang baru.

Penggantian Biaya atau Nilai Biaya Masuk
Biaya penggantian idealnya diukur di mana nilai pasar yang tersedia untuk aset yang sama. Ini sering terjadi untuk persediaan barang dagangan yang diperoleh dan stok bahan baku yang akan digunakan dalam proses produksi. Kendala biaya dapat menghambat penggunaan penilaian, tetapi ada indeks spesifik berlaku untuk segmen tertentu dari ekonomi. Misalnya, mesin dan peralatan yang digunakan dalam industri baja. Kami juga harus dicatat bahwa penggantian biaya dan penilaian keluar dapat dikombinasikan dengan umum harga dan tingkat penyesuaian untuk memberikan analisis yang lebih lengkap dari efek inflasi terhadap perusahaan.

Potongan Arus Kas
Dalam situasi nyata, metode ini hampir mustahil untuk diterapkan karena banyak aset berkontribusi bersama-sama untuk produksi arus kas, penilaian aset sehingga individu tidak dapat ditentukan. Sebuah alternatif pendekatan untuk aset lainnya, dimana aset perusahaan akan dinilai dalam hal tersebut atribut diasumsikan perkiraan paling dekat potongan arus kas mereka dalam hal penggunaan yang diharapkan telah dianjurkan.

Comments

Popular posts from this blog

Filosofi Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Sewa Jas Bali Terlengkap dan Murah

7 Bagian Tubuh Yang Dapat Redakan Penyakit