Tips Menyelamatkan Laptop Kena AIR

Mengingat Laptop sudah menjadi kebutuhan hampir semua orang,portable computer ini tidak lagi hanya digunakan kalangan IT, tetapi hampir semua kalangan, baik itu ibu rumah tangga, pelajar maupun anak-anak dibawah umur.situasi ini mempertinggi terjadinya kecelakaan pada saat pengoperasian Laptop, bahkan seorang yang profesionalpun tidak luput dari kecelakaan pemakaian pada saat kelelahan ataupun akibat terbaginya konsentrasi ke banyak hal membuat pengguna lengah terhadap hal-hal yang membahayakan laptop.

  

Berdasarkan kasus yang sering ditemukan banyak kecelakaan pada Laptop yang berakibatkan mati total/korsleting diakibatkan Laptop ketumpahan cairan seperti Air, kopi, teh, kuah ataupun cairan lainnya.

Perlu kita ketahui bahwa cairan dapat menghantarkan listrik, sehingga pada saat Laptop ketumpahan cairan, hubungan positif dan negatif bisa bersatu yang mengakibatkan short sehingga dapat merusak komponen disekitar korsleting terjadi. Biasanya yang diserang adalah komponen power. Korsleting/short hanya dapat terjadi pada saat komponen dialiri listik (dalam keadaan hidup) jadi kemungkinan terjadinya korsleting/short pada saat Laptop dalam keadaan mati sangat kecil sekali.

Berikut tindakan pertama yang harus dilakukan pada saat Laptop ketumpahan cairan :

1. Lepaskan battere dan jack power apabila Laptop dalam keadaan hidup,buka flip lcd sampai maximal terbuka lalu posisikan laptop tertungkup/terbalik biarkan beberapa jam atau lebih lama lebih baik. sehingga cairan yang sudah terlanjur masuk mengalir keluar.

2. Lepaskan keyboard , jemurlah keyboard ditempat yang tidak terlalu panas dalam keadaan terbalik. Jika cairan berupa kopi (yang lengket) kuas selah selah keyboard dengan menggunakan air.jangan ditekan. kemudian jemurlah seperti cara diatas beberapa jam lalu blower dengan menggunakan kipas angin satu malam. Pada saat proses pengipasan tekan2lah setiap tuts untuk menghindari adanya uap yang tertinggal pada fleksibel yang menyebabkan keyboard lengket.

3. Blower bagian laptop dalam posisi berdiri menyamping.dengan posisi fentilasi fan dibagian bawah untuk meyakinkan sisa sisa cairan dalap keluar dari fentilasi tersebut.

Note : jikalau tumpahan terlalu banyak sebaiknya seluruh bagian laptop dibuka dan dikeringkan.jika anda tidak yakin dapat melakukannya sendiri sebaiknya menghubungi cervice centre terdekat.

4. Pasang kembali semua bagian,tanpa mengunakan battery sambungkan listrik dari adapter, jangan langsung dihidupkan, perhatikan gejala-gejala yang timbul. Dekatkan penciuman keLaptop, jika mencium sesuatu yang berbau hangus. lepaskan koneksi power blower kembali seperti tahapan diatas untuk beberapa waktu.semakin lama semakin baik. Kemudian ulangi tahapannya. Apabila sudah tidak ada indikasi bau ataupun hal hal yang mencurigakan.Lepaskan hubungan listrik kemudian pasang battery. Lihat reaksinya, jika tidak ada indikasi yang mencurigakan sambungkan listrik dan perhatikan Lead lampu battery indikator menyala atau tidak, jika menyala hidupkan laptop anda dan tetap memperhaikan bau atau indikasi lainnya untuk beberapa saat.

5. Jika ternyata masih ada indikasi yang mencurigakan(tidak seperti biasanya)sebaiknya menghubungi cervice centre terdekat untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.


sumber : http://haxims.blogspot.com/

Comments

Popular posts from this blog

Filosofi Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Sewa Jas Bali Terlengkap dan Murah

7 Bagian Tubuh Yang Dapat Redakan Penyakit