("http://gambarkursorkamu.gif") http://imageshack.us/photo/my-images/846/bxbxb.jpg/

Suatu Portofolio Efisien belum tentu portofolio yang optimal

 
MENENENTUKAN PORTOFOLIO EFISIEN 
Portofolio efisien merupakan portofolio-portofolio yang baik ,tetapi bukan yang terbaik .Hanya adasatu portofolio yang terbaik,yaitu portofolio optimal.Portofolio optimal merupakan suatu portofolioefisien tetapi suatu portofolio efisien belum tentu portofolio optimal.Dengan menggunakan konsep orang yang rasional (rasional people),orang yang rasional didefinisikan sebagai orang yang akan memilih lebihan dibandingkan dengan memilih kurang.Dari penjelasan diatas maka portofolio efisien (efficient portfolio) dapat didefinisikan sebagaiportofolio yang memberikan return ekspektasian terbesar dengan resiko yang tertentu ataumemberikan resiko yang terkecil dengan return ekspektasian yang tertentu. 

 MENENTUKAN PORTOFOLIO OPTIMAL
 Portofolio-portofolio efisien belum berupa portofolio optimal.Portofolio efisien adalah portofolioyang baik,tetapi belum yang terbaik .Portofolio efisien hanya mempunyai satu faktor yang baik ,yaitufaktor return ekspektasian atau faktor risiko,belum terbaik keduanya.Portofolio optimal merupakanportofolio dengan kombinasi return ekspektasian dan resiko terbaik.  
PORTOFOLIO OPTIMAL BERDASARKAN INVESTORInvestor yang rasional akan memilih portofolio efisien ini karena merupakan portofolio yangdibentuk dengan mengoptimalkan satu dari dua dimensi,yaitu return ekspektasian atau resikoportofolio. 
PORTOFOLIO OPTIMAL BERDASARKAN MODEL MARKOWITZModel Markowitz menggunakan asumsi-asumsi sebagai berikut ini :1. Waktu yang digunakan hanya satu periode.2. Tidak ada biaya trnsaksi.3. Preferensi investor hanya berdasarkan kepada rturn ekspektasian dan resiko dari portofolio.4. Tidak ada pinjaman dan simpanan bebas resiko. PORTOFOLIO OPTIMAL DENGAN AKTIVA BEBAS RISIKOPortofolio berdasarkan preferensi investor sebenarnya adalah portofolio yang belum benar-benaroptimal,tetapi optimal menurut investor tertentu dengan preferensi risiko tertentu.PortofolioMarkowitz belum benar-benar merupakan portofolio yang optimal ,hanya optimal untuk risikoterkecil.Portofolio yang benar-benar optimal secara umum adalah dengan menggunakan aktivabebas resiko.Aktiva bebas resiko adalah aktiva yang mempunyai return ekspektasian tertentu dengan risiko yangsama dengan nol.

 
 PORTOFOLIO OPTIMAL DENGAN ADANYA SIMPANAN DAN PINJAMAN BEBAS RESIKO 
Portofolio bebas resiko hanya digunakan untuk menentukan letak dari portofolio optimal,tetapitidak masuk dalam aktiva di portofolionya.Dengan adanya portofolio bebas risiko ,misalnya Sertifikat Bank Indonesia (SBI),investor mempunyaipilihan untuk memasukan aktiva ini ke portofolionya .Karena aktiva bebas risiko variannya samadengan nol.Investor dapat memasukkan aktiva bebas resiko ke dalam portofolio optimal aktiva risiko dalambentuk optimal aktiva berisiko dalam bentuk simpanan (lending) atau pinjaman (borrowing).Dalambentuk simpanan (lending) berarti membeli aktiva bebas risiko dan memasukkanya kedalamportofolio efisien aktiva berisiko.Dalam bentuk pinjaman (borrowing)berarti meminjam sejumlahdana dengan tingkat bunga bebas risiko (menjual aktiva bebas risiko )dan menggunakan dana iniuntuk menambah proporsi di portofolio efisien aktiva berisiko.

Artikel Terkait Akuntansi

☆☆☆ Terimakasih Semoga Bermanfaat ☆☆☆
Judul: Suatu Portofolio Efisien belum tentu portofolio yang optimal
Rating: 100% based on Perfect ratings. 168 user reviews.
Ditulis Oleh: Wisnu Jibonk

0 Response to "Suatu Portofolio Efisien belum tentu portofolio yang optimal"

Posting Komentar