("http://gambarkursorkamu.gif") http://imageshack.us/photo/my-images/846/bxbxb.jpg/

PENGORGANISASISAN

Pengertian Pengorganisasian :
Organisasi berasal dari bahasa Yunani yaitu “organon” yang berarti alat, bagian, anggota, atau badan.
Pengorganisasian atau Organizing adalah pengelompokan kegiatan yang diperlukan yakni penetapan susunan organisasi serta tugas dan fungsi-fungsi dari setiap unit yang ada dalam organisasi serta menetapkan kedudukan dan sifat hubungan masing-masing unit tersebut.

Menurut T. Hani Handoko (Manajemen, Edisi II, hal. 166). Pengorganisasian (organizing) merupakan proses penyusunan struktur organisasi yang sesuai dengan tujuan organisasi, sumber daya yang dimiliki, dan lingkungan yang melingkupinya.

Dua aspek utama atau proses penyusunan struktur organisasi adalah Departementalisasi dan pembagian kerja.
Departementalisasi merupakan pengelompokan kegiatan-kegiatan kerja suatu organisasi agar kegiatan-kegiatan yang sejenis dan saling berhubungan dapat dikerjakan bersama. Hal ini akan tercemin pada struktur formal suatu organisasi, dan tampak atau ditunjukkan oleh suatu bagan organisasi.

Menurut Sutarto (dasar-dasar organisasi, hal 60) pengertian Departementalisasi (Departementalization / Departementation / Divisionalization) adalah aktivitas untuk menyusun satuan-satuan organisasi yang akan diserahi bidang kerja tertentu atau fungsi tertentu. Fungsi adalah sekelompok aktivitas sejenis berdasarkan kesamaan sifatnya atau pelaksanaannya.
Pembagian kerja adalah perincian tugas pekerjaan agar setiap individu dalam organisasi bertanggung jawab untuk dan melaksanakan sekumpulan kegiatan yang terbatas.

Adapun pengertian “Organisasi” menurut beberapa ahli :

James D. Mooney mengatakan organisasi merupakan bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai suatu tujuan bersama. 

Chaster L. Barnard mengatakan bahwa organisasi merupakan suatu sistem dari pada aktivitas kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. 

Manullarang membagi dua pengertian organisasi yaitu :

1. Organisasi dalam artian badan adalah sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu atau beberapa tujuan tertentu.
2. Organisasi dalam artian bagan atau struktur adalah gambaran secara skematis tentang hubungan-hubungan kerjasama dari orang-orang yang terdapat dalam rangka usaha mencapai suatu tujuan.

Artikel Terkait Akuntansi

☆☆☆ Terimakasih Semoga Bermanfaat ☆☆☆
Judul: PENGORGANISASISAN
Rating: 100% based on Perfect ratings. 168 user reviews.
Ditulis Oleh: Wisnu Jibonk

0 Response to "PENGORGANISASISAN"

Posting Komentar